5 Tips Mencuci Celana Bayi Agar Aman untuk Si Kecil


Mereka yang baru saja memiliki bayi terkadang mungkin bingung dengan apa yang harus dilakukannya kala merawat pakaian si buah hati. Banyak dari mereka yang menganggap jika cara mencuci baju si kecil sama dengan mencuci baju orang dewasa. Padahal keduanya tentu berbeda. Terlebih pakaian bayi, khususnya celana, sangat butuh perlakuan khusus. Yuk, simak tips mencuci celana bayi agar aman dikenakan berganti-ganti.

Mencuci Celana Bayi Agar Aman
Mencuci pakaian si buah hati yang baru lahir tidak boleh sembarangan. Selain bayi sangat rentan dengan bahan-bahan kimia, mencuci pakaian bayi jika tidak bersih bisa menyebabkan iritasi dan alergi. Tentu Anda selaku orang tua tidak akan mau anak mengalami hal ini. Untuk itu, Anda harus tahu tips-tips apa saja yang perlu dilakukan untuk mencuci celana bayi agar aman saat dikenakan, yaitu :
  1. Cuci Baju Baru Sebelum Dipakai
Bayi memiliki kulit yang sensitif. Oleh sebab itu, Anda harus mampu menjaga dan melindungi kulitnya dari ancaman iritasi dan alergi dengan cara mencuci pakaiannya hingga bersih. Hal ini berlaku baik untuk baju yang sudah pernah dipakai atau pun untuk baju baru yang belum pernah dipakai.
Anda mungkin berpikir jika baju baru yang terbungkus plastik sangat bersih dan bebas kuman. Padahal baju baru tidak bebas dari ancaman-ancaman kesehatan tersebut. Bahkan, tindakan tidak mencuci baju baru sebelum dikenakan sangat tidak bijak lantaran Anda tidak tahu bahan atau kotoran apa saja yang menempel selama proses produksi hingga distribusinya. Oleh sebab itu, cuci baju bayi Anda sebelum dikenakan.
  1. Gunakan Deterjen Khusus
Agar kulit bayi aman dan tidak terjadi iritasi, gunakan deterjen khusus bayi untuk mencuci pakaiannya. Selain memiliki formula yang aman untuk kulit si kecil, deterjen khusus juga tidak mengandung bahan pemutih dan pewangi sehingga tetap lembut di pakaian bayi.
  1. Cuci Baju Berdasarkan Bahannya
Langkah selanjutnya, Anda bisa mencuci baju si kecil dengan mengelompokkannya berdasar bahan dasarnya. Hal ini perlu dilakukan lantaran tidak semua baju bayi dapat dibersihkan dengan metode yang sama. Misalnya saja, pakaian yang terbuat dari wol tentu tidak bisa dicuci dengan mesin dan harus dicuci manual dengan tangan. Oleh sebab itu, memisahkan baju berdasar bahannya sangat penting.
  1. Jangan Menunda Mencuci Jika Kotor
Bayi memang masih memerlukan bantuan kita untuk membersihkan diri mereka saat buang air kecil, buang air besar, atau ketika gumoh (muntah). Tentunya, kejadian-kejadian tersebut juga menyebabkan munculnya noda bekas pada pakaian bayi.
Nah jika noda ini hadir, jangan sampai Anda menunda waktu untuk membersihkannya. Segeralah cuci baju si kecil agar noda cepat hilang dan bayi nyaman mengenakannya lagi nanti.
  1. Bilas Sampai Bersih dan Ulangi
Tips terakhir, Anda harus membilas pakaian si kecil sampai bersih. Jika perlu, Anda bisa mengulangi tahap mencucinya beberapa kali agar kuman, bakteri, dan segala kotoran membandel yang masih menempel bisa hilang. Jangan sampai Anda hanya membilasnya dengan asal celup dan tidak mengulanginya dengan anggapan pakaian si kecil bersih. Tentunya anggapan ini sangat salah.
Oleh sebab itu, Anda benar-benar harus mencucinya dengan sabun, membilasnya sampai bersih, dan juga mengulangi tahap pencuciannya minimal 2 kali. Dengan begitu, si kecil bebas dari segala hal yang menyebabkannya iritasi dan alergi.
Demikian ulasan mengenai tips mencuci pakaian si kecil, khususnya celana bayi agar senantiasa nyaman dikenakan. Bagi Anda yang memiliki buah hati dan kebetulan ingin memberikan celana baru untuk si kecil, buka saja Blibli.com dan temukan celana terbaik untuk buah hati Anda di aplikasi satu ini. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar